Grafiti Drone Carlo Ratti

Drone tidak lagi sekedar menjadi benda terbang yang membawa kamera, beberapa orang mencoba mengeksplorasi fungsinya ke ranah yang lebih luas lagi. Baik itu menjadikannya kendaraan, penjinak bom, membantu proses penyerbukan, hingga drone khusus untuk melaksanakan penghijauan.

Tidak terkecuali Carlo Ratti Associati (CRA) yang berinisiatif menggunakan drone untuk membuat seni mencoret dinding alias grafiti. Sebetulnya beberapa tahun lalu seniman amatir juga sudah melakukan hal serupa hanya saja apa yang diusung CRA cukup menarik.

Grafiti Drone Carlo Ratti
Hasil gambar mirip seperti scribble art namun tetap membawa sentuhan artistik

Diberi nama Paint By Drone, sistem ini terdiri dari sejumlah drone jenis quadcopter yang dilengkapi kaleng cat dengan model warna CMYK untuk disemprotkan ke dinding. Sementara itu instalasi dinding dibuat secara khusus dengan beberapa titik tracking untuk memudahkan drone menentukan lokasi pengecatan.

Grafiti Drone Carlo Ratti
Bisa menjadi daya tarik wisata, warga sekitar boleh menjajal drone ini untuk mencetak karyanya

Paint By Drone bukan untuk kalangan seniman saja, tim menyebutkan warga sekitar diizinkan untuk berkreasi dengannya. Terdapat aplikasi khusus dimana kamu bisa menggambar suatu objek lalu memerintahkan drone ‘mencetaknya’ di permukaan tembok.

Carlo Ratti mengatakan drone ini akan menjadi ajang memamerkan karya seni secara real-time. Dua instalasi sistem direncanakan dibuka pada akhir 2017, satu di Berlin, sementara yang lain berada di Turin, Italia.

Paint By Drone merupakan evolusi dari Vertical Plotter yang pernah mereka usulkan dua tahun lalu. Vertical Plotter mirip seperti printer raksasa yang ditempatkan di sisi dinding, namun kini drone memberikan akses yang lebih efektif dan portable.