SD Express
Kapasitas SD card bakalan lebih besar dari rata-rata penyimpanan komputer desktop (credit: EsaRiutta/Pixabay)

Kartu SD atau yang secara global dikenal sebagai SD card sudah berusia 19 tahun. Saat pertama kali diumumkan ke publik, penyimpanan super mini ini bisa menyimpan hingga beberapa ratus megabyte dimana saat itu merupakan salah satu lompatan besar dalam teknologi penyimpanan data. Kini kartu SD memiliki kapasitas hingga ratusan gigabyte dan rencananya akan mencapai ratusan terabyte.

Iterasi terbaru dari spesifikasi SD 7.0 melahirkan SD Express yang dilengkapi dengan antarmuka PCI Express dan protokol NVMe. Berkat tambahan dua fitur ini, SD Express memiliki kemampuan transfer data berkecepatan 985 MB/detik dan kapasitas raksasa 128 TB (1TB=1024GB).

Generasi sebelumnya yakni SD 6.0 punya rata-rata kecepatan transfer hingga 624 MB/detik serta penyimpanan maksimal hingga 2 TB. Media penyimpanan ini sudah bisa kamu temukan pada SDUC, SDXC, dan SDHC yang ada di pasaran.

SD Express membuka ruang baru bagi industri gadget dan IoT yang sedang berevolusi sangat cepat. Nantinya iterasi ini bisa mengakomodasi permintaan pada kamera 8K, video 360 derajat, drone, hingga mobil swakemudi.

SD Association, organisasi nirlaba yang mengurus standarisasi kartu SD mengatakan SD Express dapat bertindak sebagai SSD yang dapat dilepas-pasang.

“Dengan SD Express kami menawarkan sepenuhnya perkembangan baru terhadap kartu memori dengan protokol yang lebih cepat yang memungkinkan kartu (SD) bertindak sebagai SSD yang dapat dilepas.” kata Hiroyuki, presiden dari SDA Association.

Meski cukup menggugah, SD Express memiliki tambahan pin konektor yang artinya tidak bisa dipasang pada perangkat yang belum berstandar sesuai spesifikasi kartu SD tersebut. Diharapkan pada tahun depan kita sudah bisa melihat perangkat elektronik yang dilengkapi slot SD Express.