Falcon Heavy SpaceX
Total 27 Merlin Engine terpasang pada ketiga booster ini

CEO SpaceX, Elon Musk mengumumkan bahwa peluncuran Falcon Heavy akan dilakukan pada Januari tahun mendatang. Setelah hanya membagikan gambar konsep dan render saja, Musk merilis sejumlah foto roket yang hampir dirakit seluruhnya.

Lewat akun media sosial Instagram dan Twitter, Musk menunjukkan tiga foto Falcon Heavy tersimpan di sebuah bangunan penyimpanan roket di Cape Canaveral, Florida. Namun ada satu bagian yang belum nampak, yakni muatan yang seharusnya ada di stage 2.

Falcon Heavy diklaim sebagai roket terkuat di dunia, setara 18 mesin Boeing 747, dimana rekor sebelumnya diraih Saturn V yang terakhir terbang pada 1973. Menurut situs SpaceX, muatan seberat 63,8 ton dapat dibawa ke orbit rendah Bumi, serta 16,8 ton ke Mars.

Elon Musk sebelumnya memberi kabar mengejutkan bahwa peluncuran perdana Falcon Heavy akan mengirim mobil elektrik Tesla Roadster ke orbit Mars. Mantan CEO PayPal itu menegaskan bahwa ia pun serius soal rencana ini.

Falcon Heavy Elon Musk
Kargo Tesla Roadster bakal dibawa di ujung roket

Sama seperti Falcon 9, ketiga booster itu akan mendarat usai mengirim stage 2 ke ketinggian tertentu. SpaceX sendiri memang memiliki titik pendaratan yang dapat dipakai tiga roket sekaligus. Namun Musk mengatakan proyek ini hanyalah bentuk pengujian sebelum roket tersebut menerima pesanan komersial, seperti peluncuran satelit.

Falcon Heavy akan diluncurkan pada akhir Januari 2018 mendatang. Terlepas dari sejumlah pengunduran, Musk berjanji bahwa peluncuran kali ini akan jadi tontonan menarik.