Romance
Bagaimana cara membuat seseorang yang kamu idamkan juga jatuh cinta padamu? (credit: Inna Lesyk)

Cinta, setidaknya itulah alasan mendasar mengapa spesies manusia tidak punah sampai sekarang. Sebelum pasangan dapat resmi menjadi suami-isteri melalui pernikahan, selalu ada cerita menarik saat mereka pertama kali bertemu. Entah itu pihak laki-laki yang memulai pendekatan, atau perempuan yang lebih dulu mendekati pria idamannya.

Ada cukup banyak jalan agar kamu akhirnya disukai oleh seseorang yang selama ini kamu impikan. Sebagian cara itu berhasil, tetapi tidak sedikit yang tidak membuahkan hasil. Namun jika bertanya dalam sudut pandang ilmu sains, tips berikut ini hampir pasti akurat karena telah diuji oleh ilmuwan.

Untuk kamu yang sedang mencari pasangan, berikut 5 tips agar dicintai seseorang menurut pandangan sains.

Saat dinner pertama, jangan belikan es krim

Dinner
Suhu makanan turut mempengaruhi mood seseorang (credit: StockSnap)

Melihat menu es krim di restoran tentu sangat menggoda. Apalagi jika dipadukan dengan rasa buah yang manis dan menarik di mata. Tetapi, sangat tidak disarankan memakannya saat date pertamamu.

Menurut John Bargh, ahli psikologis dari Yale University dalam penelitiannya mengungkap suhu tubuh dapat mempengaruhi kepribadian seseorang saat itu. Ia menemukan bahwa dalam kondisi hangat, orang cenderung bertingkah lebih hangat dan nyaman saat berinteraksi dengan lawan bicaranya.

Jika kamu berencana mengajak makan seseorang, cobalah datang ke tempat bernuansa hangat makanan yang juga hangat tentunya.

Jangan tatap layar smartphone, tapi tatap terus matanya

Kontak Mata
Singkirkan rasa canggung, kontak mata itu penting (credit: Sasint)

Kebiasaan buruk yang kerap terjadi saat bertemu pria/wanita idaman ialah rasa gugup untuk saling bertatapan. Kamu cenderung untuk menunduk ke bawah dan melihat layar smartphone. Ironisnya, justru tatapan mata memegang peran yang amat krusial.

Sebuah eksperimen yang dilakukan 5 peneliti dari universitas berbeda di Amerika Serikat mempertemukan partisipan yang sama sekali tidak saling kenal untuk dijadikan subjek penelitian. Di akhir pengujian, peserta saling bertatapan selama 4 menit. Hasilnya, 30 persen dari mereka mengaku hubungan dengan orang asing yang baru saja mereka kenal lebih kuat dibanding dengan teman dan kerabat mereka.

Jadi, pastikan tatapan matamu selalu tertuju padanya. Tatap dengan santai dan ringan, jangan melotot atau dia justru melarikan diri.

Dengarkan perkataan dia dengan seksama

Mendengarkan Pasangan
Komunikasi yang baik mempertahankan hubungan (credit: Pixabay)

Jadilah pendengar yang baik. Tips ini sudah lumrah diketahui, para peneliti pun sudah membuktikannya. Salah satunya adalah studi yang dilakukan oleh University of Michigan dengan menyertakan lebih dari 370 pasangan untuk saling berkomunikasi mendiskusikan suatu masalah.

  Terpilih NASA, Indonesia 'Kirim' Tempe ke International Space Station

Hasilnya sangat relevan, pasangan yang mendengarkan partnernya memiliki kemungkinan lebih kecil untuk berpisah. Psikoterapis Gary Neuman juga menyarankan hal serupa, ia mengatakan kunci agar dicintai ialah mendengarkan karena itu adalah kebutuhan manusia.

Meski pasanganmu agak cerewet, usahakan untuk tetap mendengarkan dia sebab itulah yang membuat statusmu awet.

Tersenyumlah

Tersenyum
Senyum akan membangkitkan suasana positif (credit: Rawpixel)

Senyum tidak hanya membuatmu lebih diingat, tetapi juga menjadikanmu menarik di mata lawan jenis. Sebuah studi pada tahun 2014 mencari tahu hubungan senyum dengan ketertarikan.

Tim peneliti menyimpulkan bahwa seseorang semakin atraktif seiring frekuensi senyum yang dilihat orang lain. Tentunya dengan senyum yang natural, bukan dipaksakan.

Jangan malu beritahukan hal terkonyol dirimu

Mengobrol dengan Pasangan
Selama itu layak dibicarakan, jangan malu memberitahukan kebiasaan burukmu (credit: Leah Kelley)

Setiap orang memiliki “gelap” dalam dirinya, bukan begitu? Saat mengobrol dengan seseorang yang kita idamkan, kita cenderung mengatakan sisi positif dari diri kita. Memang tidak salah, tetapi tidak tepat juga jika kamu sedang mendekati seseorang.

Sebuah penelitian dari Harvard menjelaskan bahwa berbagi sedikit informasi personal akan disukai pasangan. Sebanyak 79 persen peserta lebih menyukai orang yang mau mengungkap rahasianya, seperti kebiasaan buruk, dibanding dengan orang yang menutup informasi tersebut.

Jangan ragu untuk memberitahukannya bahwa kamu tidak bisa naik sepeda, sering bangun kesiangan, atau lupa membersihkan kamar. Karena itu adalah langkah kecil agar dia lebih mengenalmu.

Ajak dia naik roller coaster lebih baik daripada jalan di taman

Roller Coaster
Wahana penguji adrenalin perlu kamu coba (credit: Palubr75)

Sebagian orang merasa takut saat menaiki wahana ekstrim, tetapi disitulah kesempatan lebar berada. Menurut sebuah studi berjudul Love at First Fright, rasa takut membuat relasi seseorang lebih kuat dengan orang yang juga merasakannya.

Studi tersebut menempatkan subjek pada situasi mengerikan, dimana jembatan reyot digoyangkan dengan sengaja. Peneliti menemukan mereka yang berada di jembatan tersebut cenderung memiliki relasi perasaan yang kuat satu sama lain dibanding mereka yang ditempatkan di jembatan biasa.

Meski kamu juga takut, coba pertimbangkan menaiki wahana yang menguji adrenalin, semisal roller coaster.

Setelah membaca tips ini, jangan lupa untuk mencoba dan semoga beruntung dengan hubungannya!