Solar Window Building
Instalasi panel surya transparan sebagai pengganti jendela mungkin bisa menjadi solusi penghematan listrik (credit: Scott Webb)

Bangunan tinggi di perkotaan tidak hanya menerima sinar Matahari di atapnya saja, tetapi juga di sisi yang lain. Dengan kondisi demikian memasang panel surya di permukaan luar gedung bisa berdampak positif. Namun di sisi lain meniadakan keberadaan jendela yang menjadi salah satu aspek penting bangunan.

Perusahaan bernama Build Solar sedang mengembangkan kaca transparan yang juga berfungsi ganda sebagai panel surya. Dinamakan Solar Squared, panel tersebut terdiri dari blok-blok kaca yang dapat dihubungkan satu sama lain kemudian mengaliri energi listrik ke baterai atau jaringan listrik gedung.

Solar Squared
Wujud blok kaca Solar Squared

Blok kaca tetap transparan sehingga sinar Matahari tetap bisa masuk ke dalam ruangan, meski demikian ada opsi untuk mewarnai kaca sehingga suhu ruangan tidak menjadi terlalu panas.

Konsep Solar Squared kurang lebih mirip Tesla Solar Roof dimana bagian fotovoltaik tertanam di dalam kaca khusus. Saat ini Build Solar sedang membuka peluang kerjasama untuk melakukan percobaan komersial. Pihaknya berharap produk ini sudah siap di pasaran tahun depan.

Video perkenalan Solar Squared di University of Exeter: