Orii Ring
Cincin bernama Orii ini mengubah jari menjadi media komunikasi bak telepon

Menatap layar smartphone terus-menerus memberi dampak buruk bagi mata. Gejalanya, mata terasa perih dan mudah lelah. Rasanya sulit untuk menolak perubahan zaman dimana media komunikasi pasti melibatkan smartphone. Perangkat bernama Orii menawarkan solusi yang menarik.

Orii adalah cincin dengan fitur yang memungkinkan penggunanya bertelepon dan mengirim atau menerima pesan pendek berkat teknologi bone conduction. Hanya dengan menempelkan jari di dekat lubang telinga, kamu akan mendengar suara lawan bicara dengan jelas tanpa khawatir ada orang lain mendengarnya.

Orii Ring
Bone conduction menjadi nilai jual utama yang jarang ditemui pada produk hands-free

Cincin tetap terhubung dengan smartphone melalui koneksi Bluetooth. Pengembang Orii mengatakan perangkat ini juga bisa untuk mengirim perintah kepada asisten digital Siri dan Google Assistant. Misal untuk menelepon seseorang, membacakan isi pesan, mengirim pesan, pencarian web, hingga keperluan navigasi.

Teknologi bone conduction menjamin suara tetap jernih, bersifat privat, serta kamu masih bisa mendengar suara lingkungan sekitar. Sebelumnya teknologi ini juga digunakan oleh perangkat headset bernama Conduit Sports dan kacamata Zungle Panther.

Orii Ring
Orii sudah menerima sertifikat IPX7 splash proof

Walaupun konsep yang ditampilkan Orii tampak baru, metode yang sama juga pernah diperlihatkan oleh Sgnl, hanya saja dalam bentuk gelang. Dengan ukuran yang terbatas Orii hanya mampu siaga selama 45 jam dengan durasi bicara 1 jam. Terlepas dari itu ketahanan baterainya sudah cukup untuk aktivitas harian.

Orii telah menjadi subjek crowdfunding di Indiegogo dan rencananya akan dilepas ke publik pada Februari tahun depan. Satu unit cincin ini nantinya dihargai $160 USD atau sekitar Rp 2.1 juta.