Lebih dari satu abad kita menggunakan pita pengukur atau sering disebut meteran sebagai alat untuk menentukan panjang suatu objek. Alat berukuran kepalan tangan ini dapat dijumpai dengan mudah, terutama ketika sedang ada proyek perbaikan.

Ketika zaman sudah semakin canggih, Bagel Labs mengeluarkan ide menariknya yakni mentransformasikan meteran model lama dan lahir kembali dalam konsep digital.

Meteran canggih yang diberi nama Bagel ini punya bentuk fisik yang kurang lebih sama seperti meteran pada umumnya. Tetapi, siapa sangka bahwa fitur dan fungsi di dalamnya akan membuatmu terkagum.

Ada tiga cara mengukur menggunakan meteran Bagel

Bagel Labs Luncurkan Meteran Digital Canggih

Pertama adalah string mode dimana metode ini menggunakan sebuah tali khusus untuk mengukur jarak. Prinsipnya sama seperti meteran biasa, tetapi kamu bisa menerapkannya untuk mengukur lingkar pinggang atau objek dengan lengkungan lainnya.

Kedua yakni wheel mode, ini sangat direkomendasikan untuk mengukur daerah yang rata dan jangkauan yang jauh. Putaran roda kecil akan menjadi patokan seberapa panjang objek yang diukur.

Ketiga dan yang paling canggih yaitu remote mode yang memanfaatkan laser untuk mengukur jarak terhadap suatu objek, tetapi hanya terbatas hingga 5 meter saja.

Angka-angka hasil pengukuran dapat dilihat langsung di sebuah layar kecil pada meteran tersebut. Hasilnya cukup akurat sebab error margin hanya 0,5% dan Bagel Labs berjanji untuk terus mengembangkan firmware agar semakin akurat.

Terhubung ke smartphone untuk berbagai keperluan

Bagel Labs Luncurkan Meteran Digital Canggih

Rasanya kurang lengkap jika perangkat dengan embel-embel “smart” tidak bisa terkoneksi dengan smartphone yang notabenenya adalah perangkat mainstream masa kini.

Bagel didukung teknologi Bluetooth yang bisa disambungkan ke aplikasinya di smartphone untuk menyimpan data pengukuran.

Bagel sendiri mendukung voice recognition atau menerima perintah berupa suara. Tentunya informasi ini juga akan dikirim ke smartphone untuk disimpan.

Meski punya fitur untuk terhubung ke smartphone meteran ini bisa tetap digunakan meski tanpa smartphone sebab itu hanya opsional.

Saat tulisan ini ditulis, Bagel tengah menjalankan penggalangan dana di Kickstarter dan telah mengumpulkan hampir $700.000 sementara durasinya masih tersisa 2 minggu lebih.

Kamu yang tertarik memiliki Bagel bisa mendapatkan harga spesial yang tergolong murah, yakni mulai $49 dimana ini jauh lebih murah dibanding versi ketika ia sampai di retail nanti.

Sumber: Kickstarter, Bagel Labs