Int-Ball JAXA
Drone ini bertugas sebagai mengambil gambar dan video di dalam ISS

Drone secara umum berfungsi untuk mengambil gambar dari udara dimana manusia tidak mungkin menjangkaunya. Fungsi yang sama juga dimiliki Int-Ball, drone khusus luar angkasa yang dibuat badan antariksa Jepang atau JAXA.

Dikirim menggunakan wahana SpaceX Dragon pada 4 Juni lalu, drone ditempatkan di Modul Eksperimen Jepang bernama Kibo. Int-Ball memiliki kemampuan unik dimana ia mampu menggerakkan kamera saat melayang di dalam modul International Space Station (ISS).

Int-Ball JAXA
Kibo merupakan modul eksperimen milik Jepang yang ada di ISS

Tentu karena ISS berada di orbit Bumi, maka semua benda di dalamnya akan melayang. Dengan demikian perancang Int-Ball tidak perlu repot membuat propeller pada drone tersebut.

Menurut JAXA, Int-Ball merupakan drone pertama yang mampu mengubah orientasi kameranya dalam kondisi gravitasi mikro. Kendali drone sepenuhnya berada di Bumi, tepatnya di Tsukuba Space Center di Jepang. Siaran video beserta foto dapat dikirimkan langsung ke pusat kendali.

Int-Ball JAXA
Beberapa lubang pada Int-Ball berperan menyemburkan udara agar bisa bergerak

Komponen drone dibuat menggunakan printer 3D dengan jeroan yang sama dengan drone pada umumnya. Sekitar 10 persen aktivitas astronot di ISS ialah mengambil gambar dan video, namun dengan bantuan Int-Ball mereka memiliki waktu luang untuk mengerjakan hal lain.

Berikut video bagaimana Int-Ball beraksi di dalam ISS: