Sebuah selubung berwarna biru terang tampak di salah satu kutub planet gas raksasa, Jupiter. Gambar di atas adalah wujud aurora humongous yang ditangkap oleh teleskop Hubble. Tim astronom menggunakan instrumen ultraviolet untuk bisa mengamati aurora tersebut.
Kehadiran aurora ini bersamaan dengan kedatangan satelit penjelajah Juno ke planet terbesar di tata surya ini. Juno ditugaskan untuk meneliti kondisi planet Jupiter, salah satunya juga melihat faktor-faktor pembentukan aurora.
Aurora di Jupiter menarik perhatian para astronom. Pasalnya, aurora ini sangat berbeda dengan apa yang pernah diobservasi sebelumnya.
Aurora Indah di Jupiter Tertangkap Teleskop Hubble
Secara keseluruhan, aurora yang kamu lihat di gambar di atas lebih besar dari ukuran planet Bumi. Aurora ini sangat kuat dan tampak sangat jelas dari kejauhan.
Menurut Jonathan Nichols dari University of Leicester, aurora yang satu ini adalah yang paling aktif dan dramatis yang pernah ia saksikan. Tampaknya, Jupiter tengah mengadakan pesta kembang api dalam menyambut kedatangan Juno.


Sumber: Engadget