Audi Elaine
Salah satu mobil Audi yang menarik di ajang Frankfurt Motor Show beberapa waktu lalu

Produsen otomotif kelas menengah ke atas, Audi meluncurkan konsep mobil listrik pada ajang Frankfurt Motor Show beberapa waktu lalu. Mengikuti perkembangan zaman, perusahaan tak lupa membenamkan teknologi kemudi otonom pada SUV bernama Elaine.

Berkat prosesor yang lebih cepat dan sensor tingkat lanjut, Audi Elaine memungkinkan beroperasi secara otonom bahkan saat terjadi kemacetan lalu lintas. Fitur ini merupakan ekspansi dari varian A8 versi baru. Mobil dapat secara otomatis berganti jalur tanpa campur tangan pengemudi.

Audi Elaine
Apa jadinya jika mobil kotor, tiba-tiba menghilang, kemudian kembali dalam kondisi bersih. Inilah salah satu fitur unik yang ditawarkan Audi

Fokus utama pada teknologi self-driving Elaine adalah kemampuan komunikasi antara mobil dengan infrastruktur terkait. Audi mengatakan mobil dapat mengantar penumpang ke tujuan, kemudian dibiarkan untuk mencari lokasi parkir sendiri, mengisi daya di stasiun pengisian, hingga pencucian mobil. Dengan begitu pemilik bisa lebih santai sementara mobil merawat dirinya sendiri.

Interior Elaine dilengkapi Fit Driver dimana sistem tersebut mampu mengukur kondisi fisik hingga psikologis pengemudi. Layar di dalam kabin akan memberikan tips untuk mengurangi dampak kesehatan, memutar musik yang menenangkan, sementara kursi dibenamkan fitur memijat otomatis.

Audi Elaine
Keunggulan utama dari Elaine terdapat pada kelengkapan fasilitas untuk memanjakan pengemudinya

Audi Fit Driver bertujuan untuk memperbaiki suasana hati hingga kelelahan yang dialami pengemudi. Namun data tersebut rencananya akan diambil dari perangkat wearable seperti smartwatch.

Pada sektor mesin, Audi Elaine menyematkan 320-kW dengan mode boost hingga 370-kW. Kemampuan akselerasi dari 0-100 km hanya 4,5 detik. Dengan baterai 95 kW/h, jarak tempuh diperkirakan mencapai 500 kilometer. Selain pengisian lewat kabel, Audi menyebut tengah mengembangkan pengisian secara wireless. Namun tentu saja hal tersebut baru sebatas konsep.

Penasaran seperti apa Audi Elaine ini saat beroperasi? Ini videonya: