Trudo Vertical Forest
Trudo Vertical Forest akan menyerap puluhan ton gas karbon tiap tahun

Wilayah yang sempit menjadi tantangan tersendiri bagi Belanda untuk memanfaatkan lahan seoptimal mungkin untuk kebutuhan penduduknya. Selain mengeringkan laut, negara berjuluk Kincir Angin itu juga membuat hutan yang diapungkan di perairan.

Mengikuti trend yang sudah ada, Belanda berniat membangun hutan vertikal pertama di wilayahnya. Hutan vertikal sejatinya adalah bangunan gedung konvensional dihiasi ribuan tanaman yang hampir menutupi seluruh permukaannya. Selain punya penampilan unik, model rancangan ini juga bersahabat dengan lingkungan.

Trudo Vertical Forest akan dibangun di kawasan Eindhoven dengan Sint Trudo sebagai kontraktornya. Pihak arsitek, tidak lain adalah Stefano Boeri yang sebelumnya juga telah berhasil dalam proyek serupa di Milan.

Boeri sendiri sudah mendapat mandat membangun hutan vertikal di beberapa negara, termasuk China dan Perancis.

Trudo Vertical Forest
Konsep Trudo Vertical Forest tampak depan

Menurut berita yang dirilis, bangunan akan berdiri setinggi 75 meter dengan 19 lantai yang diisi oleh apartemen untuk kalangan urban muda. Di bagian balkon setidaknya ada lebih dari 5.000 tanaman dari berbagai varietas yang siap menghasilkan oksigen di wilayah sekitar.

Pada dasarnya bangunan ini tidak berbeda jauh dari bangunan sebelumnya yang identik dengan permainan blok balok Jenga. Namun Boeri tetap melanjutkan desainnya agar lebih sempurna.

Pada ekosistem hijau ini, sang arsitek mengklaim Trudo Vertical Forest bakal menyerap lebih dari 50 ton karbon dioksida per tahun.