Rotterdam merupakan salah satu kota indah di Belanda. Kota terbesar kedua di negara kincir angin ini adalah wilayah yang lebih rendah dibanding permukaan laut.
Rotterdam berada 6 meter di bawah permukaan laut, lebih dari sepertiga wilayahnya sudah tertutup air. Lantas, ini membuat jumlah lahan terbuka menjadi amat langka.
Sekelompok seniman melakukan aksi unik dimana mereka menanam puluhan pohon di dekat dermaga di laut utara kota Rotterdam. Proyek ini diberi nama Bobbing Forest yang terinspirasi dari karya seni In Search Of Habitus.
Atasi Krisis Lahan, Rotterdam Bangun Hutan di Atas Laut
Karya seni yang menginspirasi Bobbing Forest
Selama kurang lebih tiga tahun, tim bekerja mengembangkan pohon mengambang, ditanam di sebuah pelampung.
Mereka mencoba memastikan bahwa ombak laut tidak akan membuat pelampung ini bergelora begitu hebat, sehingga pohon bisa terjaga tegak lurus.
Untuk jenis tanaman, tim bekerjasama dengan mahasiswa setempat untuk menemukan pohon yang sesuai dengan kondisi. Akhirnya pohon Elm khas Belanda dipilih karena kokoh dan mampu mentolerir air asin.
Atasi Krisis Lahan, Rotterdam Bangun Hutan di Atas Laut
Setidaknya pohon bisa mengapung selama lima tahun ke depan
Proyek Bobbing Forest salah satunya bertujuan untuk memberikan sedikit ruang hijau untuk kota. Di sisi lain, ini akan menjadi contoh model taman masa depan.
Penduduk Rotterdam sadar bahwa mereka tinggal di bawah permukaan laut, untuk itulah inovasi lingkungan sangat penting bagi kelangsungan hidup.

Sumber: Bored Panda, Fastcoexist