Asus Zenfone 5
iPhone X kembali menjadi patokan desain smartphone modern (credit: The Verge)

Asus meluncurkan smartphone flagship Zenfone 5 dan Zenfone 5Z pada pameran Mobile World Congress 2018 di Barcelona. Satu aspek utama yang membuat smartphone ini menarik perhatian tidak lepas dari desainnya yang sangat familiar, yakni iPhone X. Tidak malu-malu, Asus bahkan mencontek habis-habisan smartphone milik Apple tersebut.

Layar LCD menutupi hampir seluruh permukaan depan smartphone. Selain itu, notch atau area hitam yang berada di atas layar terlihat jelas layaknya iPhone X.

Selain itu, bagian lain yang dicontek Zenfone 5 adalah penempatan kamera ganda di belakang dengan susunan vertikal. Sensor sidik jari ditanam di bagian belakang dan merupakan sensor biometrik paling canggih. Smartphone memang dibekali fitur Face Unlock, namun jangan berharap bahwa itu setingkat dengan Face ID di iPhone X.

“Beberapa orang akan mengatakan itu (Zenfone 5) menyalin Apple, namun kami tidak bisa mengabaikan permintaan pengguna.” kata Marcel Campos, Asus Global Head of Marketing kepada The Verge seperti dikutip oleh Sefsed.com.

Asus menekankan fungsi kecerdasan buatan dalam smartphone terbarunya, contohnya untuk overclocking, pengisian daya, hingga mengatur kecerahan layar secara otomatis. Sejauh ini sejumlah brand sudah menawarkan kecerdasan buatan, contohnya Google Pixel 2 pada keperluan kamera dan Galaxy S9 dengan Bixby.

Spesifikasi Asus Zenfone 5

Asus Zenfone 5 vs iPhone X
Notch di Zenfone 5 sedikit lebih kecil dari iPhone X

Soal spesifikasi, Zenfone 5 dipersenjatai Qualcomm Snapdragon 636 yang merupakan prosesor kelas menengah, disertai RAM 4 GB atau 6 GB, dan penyimpanan internal 64 GB. Sementara Zenfone 5Z yang lebih tinggi, menggunakan Snapdragon 845, RAM 8 GB, dan penyimpanan 256 GB.

Kedua smartphone ini secara garis besar terlihat sama kecuali dari segi dapur pacu. Kamera ganda beresolusi 12 MP dengan bukaan lensa f/1.8. Sementara kamera selfie di depan 8 MP.

Dibanding layar OLED, Asus memilih menggunakan layar LCD yang lebih murah untuk menekan harga. Resolusinya mencapai 2.246 x 1080 dengan rasio 19:9. Dimensi Zenfone 5 mencapai 6,2 inci dengan bezel yang sangat tipis sehingga rasio bodi terhadap layar mencapai 90 persen.

Asus Zenfone 5 dan 5Z memiliki baterai 3.300 mAh, serta sistem operasi Android Oreo.

Harga Asus Zenfone 5

Smartphone Asus Zenfone 5
Logo Asus tidak terlalu terlihat jelas

Asus rencananya akan merilis Zenfone 5 pada April mendatang disusul Zenfone 5Z bulan Juni, tetapi tidak dengan tanggal yang pasti. Bicara harga, sudah pasti smartphone Android ini bakal lebih terjangkau dari iPhone X.

Zenfone 5Z dihargai $423 poundsterling atau Rp 8 juta, sedangkan Zenfone 5 standar belum mendapatkan harga resmi, tetapi hampir bisa dipastikan lebih murah dari versi yang lebih tinggi.