Bruce McCandless II
Tokoh besar dunia antariksa meninggal dunia

Astronot Amerika Serikat, Bruce McCandless II dikabarkan meninggal dunia di rumahnya, di California pada usia ke 80 tahun. Pihak keluarga tidak mengatakan secara jelas penyebab kematian astronot legendaris tersebut.

McCandless dikenal sebagai astronot pertama yang melakukan spacewalk tanpa terhubung tali pengaman pada pesawat antariksa. Untuk memastikan tidak terlepas dari kendaraannya, ia menggunakan Manned Maneuvering Unit (MMU) yang memungkinkan dirinya bergerak bebas dengan dorongan nitrogen cair.

Umumnya aktivitas di luar kendaraan angkasa (EVA) menggunakan tali pengaman agar astronot tidak terlepas. Sebab jika itu terjadi, astronot tidak bisa kembali lagi ke Bumi dan akan terus mengorbit selama puluhan tahun. Namun hanya perlu beberapa jam sampai cadangan oksigen habis dan astronot menemui ajalnya.

MMU
McCandless dengan MMU menjadi salah satu foto astronot paling terkenal di dunia

MMU layaknya jetpack yang dikenakan di punggung dan astronot bisa mengendalikannya pada kontroler di tangan. McCandless menjalankan misi historis tersebut pada 1984, ia juga meniru dan memodifikasi kalimat Neil Armstrong saat mendarat di Bulan.

“Ini mungkin langkah kecil untuk Neil, tapi sebuah langkah besar bagi saya.” kata McCandless saat melakukan spacewalk.

Mantan angkatan laut AS ini juga turut membantu mengorbitkan teleskop Hubble dan menjadi tim komunikasi dalam misi Apollo 11. Selama bekerja pada NASA, ia telah menjalani 312 jam di luar angkasa, termasuk 4 jam spacewalk dengan MMU.

Berikut video McCandless saat menggunakan MMU: