Beberapa tahun belakangan kita dipertontonkan alat transportasi modern yang besarnya kurang lebih seperti papan skateboard. Trend hoverboard di Indonesia baru-baru ini meledak setelah masuknya self balancing board yang biasanya hanya memiliki 1 atau 2 roda saja.

Tetapi pengertian dari kata “hover” dari sebenarnya adalah “melayang“. Maka ini otomatis menjatuhkan konsepsi hoverboard yang dianut masyarakat umum. Hingga saat ini, beberapa perusahaan start-up terus mengembangkan desain hoverboard yang mirip seperti filik fiksi ilmiah.

Kini pengembangan hoverboard mulai menemui secercah harapan kecil. Beberapa waktu lalu beredar video seorang yang menaiki hoverboard yang melayang. Meski diisukan bahwa video tersebut hanya hasil editing saja, faktanya hoverboard tersebut memang nyata!

Namanya adalah ArcaBoard, hoverboard elektrik yang dikembangkan oleh ARCA Space Corporation.

Baling-Baling Sebagai “Pelawan” Gravitasi

ArcaBoard: Hoverboard yang Sebenarnya!

Memanfaatkan konsep yang sama seperti drone dan helikopter, ArcaBoard menggunakan baling-baling agar ia bisa terbang. Lewat pemasangan 36 baling-baling, ArcaBoard mampu menerbangkan beban hingga 110 kilogram.

Dilihat dari bentuknya, hoverboard ini cukup tebal dan belum memenuhi “persyaratan” yang ada pada film fiksi ilmiah dimana hoverboard memiliki dimensi yang tipis.

ArcaBoard: Hoverboard yang Sebenarnya!

Lebar pijakan untuk kaki kira-kira 30 cm dengan panjang 145 cm. Dengan kapasitas pijakan sebesar itu, ArcaBoard tetap tidak boleh dinaiki oleh 2 orang atau lebih. Hal ini dikarenakan metode kontrol menggunakan pijakan kaki, layaknya ketika orang sedang surfing, tubuh juga ikut mengendalikan arah.

Ditujukan Untuk Kalangan Komersial, Tapi…

ArcaBoard: Hoverboard yang Sebenarnya!

Untuk alasan harga, sepertinya ArcaBoard belum mampu menjangkau banyak pembeli. Bahkan perilisannya yang cukup mendadak membuat orang tak memiliki persiapan dana apapun untuk alat ini.

Dilansir dari situs resminya, ArcaBoard dijual dengan harga $19.900 USD atau kira-kira Rp 270 juta. Jadi, cukup pantas jika ArcaBoard digolongkan sebagai alat transportasi golongan elit.


Hoverboard yang bisa terbang selama 6 menit ini memang cukup menarik karena benar-benar bisa melayang dan yang paling mendekati ekspetasi banyak orang.

Akan tetapi melihat harganya yang begitu fantastis, sepertinya kita harus berpikir 2 atau 3 kali lagi sebelum membeli alat ini. Kecuali jika kamu memang benar-benar sudah mendambakan kendaraan ini dan punya uang yang cukup.

Atau…

Kamu bisa menunggu 5 sampai 20 tahun lagi sampai ArcaBoard turun harganya…