iPhone X Baru
Manfaatkan momentum iPhone X, Apple disebut sedang siapkan model baru (credit: TechRadar)

Smartphone anyar Apple iPhone X telah dirilis sekitar tiga bulan lalu. Tetapi animo pasar pada model yang satu ini bisa dikatakan cukup besar. Desain baru, layar bezel-less, dan Face ID tentunya menjadi tolak ukur utama mengapa banyak orang mendambakan smartphone termahal milik Apple ini.

Harga yang dipatok Apple untuk satu unit iPhone X adalah $999 atau Rp 13 jutaan, sementara sudah ada yang masuk ke Indonesia harganya melonjak hingga Rp 20 juta. Kabar baiknya, sumber terpercaya menyebut Apple tengah siapkan varian yang lebih terjangkau.

Analis Ming-Chi Kuo dari KGI Securities melalui Apple Insider membeberkan sejumlah gambaran iPhone X versi murah tersebut. Kuo diketahui sebagai pihak terpercaya yang sukses memprediksi jajaran produk Apple khususnya.

Lantas, seperti apa wujudnya? Menurut Kuo, smartphone tersebut dipersenjatai layar 6,1 inci namun dengan bezel yang sedikit lebih besar dari model dasarnya. Selain itu, Apple dikatakan tidak memboyong OLED, tetapi menggantinya dengan LCD untuk menekan harga.

iPhone X New
Tiga varian baru iPhone tahun ini

Fitur eksklusif seperti Face ID juga akan hadir, bersama dengan Animoji yang telah menjadi identitas utama iPhone X. Perangkat akan menggunakan aluminium sebagai rangka dibanding baja karena biayanya lebih tinggi. Selain itu, ponsel tidak akan menghadirkan kamera ganda di belakang.

Sementara harga, Kuo mengatakan iPhone X versi murah ini berada di kisaran $700 atau Rp 10 juta. Ia juga memperkirakan sekitar 50 persen penjualan iPhone akan didominasi oleh produk ini.

Informasi terakhir yang diberikan Kuo, Apple mungkin akan merilis hingga tiga varian baru iPhone pada September tahun ini dimana semuanya membawakan tema yang sama dengan iPhone X.