Apple AR Car

Fakta bahwa Apple sedang mengerjakan Augmented Reality (AR) dan mobil swakemudi (self-driving) sepertinya bukan berita baru lagi. Tetapi, jika kedua divisi yang berbeda itu mengawinkan teknologinya ke dalam satu produk, barulah disebut sebagai berita fantastis.

Sebuah paten yang ditemukan oleh AppleInsider memperlihatkan Apple berencana menggabung AR dengan mobil tanpa sopir. Nantinya penumpang bisa melihat berbagai informasi real-time melalui kaca mobil dalam format tiga dimensi.

“Sistem AR memanfaatkan pra-hasil dari model 3D lingkungan untuk meningkatkan rendering konten grafis 3D untuk tampilan AR dari suatu pandangan,” tulis isi abstrak dalam paten tersebut.

Apple Car AR
Gambaran konsep tampilan AR di mobil swakemudi

Mobil akan dipersenjatai kamera kedalaman yang mampu membaca kondisi sekitar dengan bentuk geometri utuh. Misalnya pada jalanan yang akan dilalui, AR akan memberikan sinyal seperti memberi warna berbeda pada jalan tersebut. Berkat teknologi AR, semua penumpang bisa melihatnya meski berbeda sudut pandang.

Secara umum, paten ini dipergunakan untuk meningkatkan keamanan mobil self-driving. Meski saat ini Apple masih ‘sembunyi-sembunyi’ soal kegiatannya mengembangkan fitur tersebut, namun cukup jelas bahwa industri otomotif merupakan salah satu target perusahaan.

Terkait kapan teknologi ini akan dipakai, masih belum jelas. Namun CEO Apple, Tim Cook mengatakan perusahaan yang ia pimpin akan merilis produk baru pada 2020. Mungkinkah itu mobil self-driving berpadu AR? Kita lihat saja.