Apple iPad
iPad versi murah diharapkan bisa mendorong konsumen lama untuk membeli varian terbaru (credit: FirmBee)

Usai penjualan yang terus menurun, iPad akhirnya mulai mengalami kenaikan sejak Juni tahun ini. Apple mendapatkan sedikitnya lompatan dari 6% ke 12% pada penjualan iPad dibanding tahun lalu. Dari pembukuan itu, perusahaan tampaknya cukup yakin untuk mengeluarkan varian terbaru.

Sebuah rumor dari Digitimes mengatakan Apple mungkin akan merilis iPad 9,7 inci pada 2018 dengan harga yang lebih terjangkau. Tablet diklaim akan $70 USD lebih murah dari versi saat ini seharga $329 USD atau Rp 4,5 juta. Lewat gambaran tersebut, maka harga perangkat nantinya hanya Rp 3,5 juta.

Laporan tersebut mengatakan perangkat ini akan menarik konsumen karena harganya ynag terjangkau. Hal ini membuat Apple bisa menjaga penjualan hingga lebih dari 10 juta unit iPad setiap kuartal.

Pemilik iPad lebih “setia” dibanding pemilik iPhone yang biasanya meng-upgrade perangkat mereka setiap 2-3 tahun. Atas dasar ini, iPad 9,7 inci yang lebih murah diharapkan bisa meyakinkan konsumen untuk beralih ke model terbaru.

Diperkirakan perangkat tablet ini akan meluncur pada pertengahan 2018, setidaknya sudah bisa dipesan mulai bulan Juni mendatang.