Sidik Jari Bawah Layar
Sensor sidik jari ditanam di bawah layar segera jadi kenyataan

Rumor beberapa minggu lalu menyebut bahwa mungkin Samsung Galaxy S9 akan punya sensor sidik jari di bawah layar. Namun kemudian hal itu dibantah oleh sebuah render kredibel yang menunjukkan bahwa sidik jari tetap diletakkan di belakang, tetapi dengan posisi yang diperbaiki.

Terkait mana yang benar tentu sulit didefinisikan mengingat itu hanya sebatas rumor. Tetapi rumor yang satu ini tampaknya menjadi titik terang soal keberadaan sensor sidik jari atau fingerprint yang disebut-sebut ditanam di balik layar.

Sebuah laporan dari Synaptics menyebut bahwa pihaknya sedang mengerjakan sensor sidik jari di layar yang mungkin disematkan pada smartphone besutan Samsung. Komponen bernama Clear ID™ FS9500 ini akan dipakai oleh “5 smartphone teratas”.

Synaptics tidak pernah menyebut nama perusahaan yang menjadi partner bisnisnya. Tetapi lewat laporan tersebut, ada sejumlah kata kunci yang menjadi indikasi kuat bahwa Samsung merupakan salah satunya. Berikut adalah beberapa kalimat yang menjadi dasar asumsi (kata bercetak tebal):

“Dirancang untuk smartphone dengan infinity displays, sensor sidik jari dalam layar Synaptic secara ajaib aktif ketika dibutuhkan.”

“Sensor sidik jari Clear ID milik Synaptics membawa pemindai resolusi tinggi yang bisa dilalui kaca, yang memungkinkan (smartphone) tanpa tombol, tanpa bezel, dan infinity displays.

“Industri dengan cepat beralih ke OLED infinity displays tanpa bezel, penempatan natural sensor ada di layar itu sendiri,”

Infinity Display merupakan brand layar yang hanya dimiliki Samsung, begitu pula dengan teknologi OLED. Selain itu, perusahaan memang sedang gencar merancang smartphone tanpa bezel dan tanpa tombol seperti yang mulai diimplementasikan pada Galaxy S8. Setidaknya tanda-tanda ini menjadi parameter kuat.

Jika fitur tersebut tidak ada pada Galaxy S9, mungkin saja akan mendarat pada Galaxy Note 9 meski rumornya tidak bisa dipastikan. Atau mungkin akan dipakai oleh Galaxy X mengingat smartphone itu diklaim akan memiliki layar penuh tanpa bezel.

Terlepas dari variannya, namun kemungkinan besar Samsung akan memboyong sidik jari di bawah layar tahun depan.