Apa Bedanya Water Proof, Water Ressistant, dan Water Repellent pada Gadget Elektronik?
Masih sering tertukar dengan definisi ini? Atau justru menganggapnya sama saja?

Setiap kali kemunculan smartphone flagship baru, detil seperti rating IP hampir pasti menjadi rujukan utama. Ya, rating ini menentukan level water proof dari suatu perangkat. Bagi kamu yang sering beraktivitas dengan air tentu sangat menginginkan fitur ini. Tetapi tahukah kamu bahwa water proof dan water resistant adalah kedua istilah yang berbeda?

Sayangnya istilah ini sering dikaitkan sehingga memunculkan miskonsepsi. Kandungan kata yang sama menyebabkan perbedaan ini terlihat samar-samar dan sering disamaratakan. Nah, sebelum kamu membeli gadget dengan label anti air tersebut sebaiknya pahami dulu definisi istilahnya.

Water Proof (Tahan Air)

Water Proof
Credit: CNET

Merupakan kasta tertinggi dari sistem perlindungan terhadap air. Water proof dinilai berdasarkan Ingress Protection (IP) yang diwakili dari angka 0 hingga 8. Semakin tinggi ratingnya maka semakin baik kualitasnya. Secara sederhana, water proof memungkinkan suatu perangkat terkena air namun tetap bisa beroperasi. Contohnya beberapa smartphone masih berfungsi dengan baik setelah diajak masuk ke kolam renang.

Rating water proof pasti menyertakan tingkat kedalaman yang bisa ditolerir. Karena air memiliki tekanan, semakin ke dalam maka semakin besar pula tekanannya. Untuk itulah produsen smartphone memberikan batasan kedalaman air yang masih masuk garansi.

Water Resistant (Kedap Air)

Water Resistant
Credit: Took a Pic

Jika diterjemahkan, water resistant berarti kedap air. Ini berarti sebuah perangkat sulit untuk dimasuki air. Biasanya manufaktur melapisi komponen penting dengan cat khusus yang mencegah cairan atau debu masuk dan menimbulkan kerusakan. Perangkat yang mendapatkan predikat ini biasanya jam tangan dimana akan sering bersentuhan dengan air saat mencuci tangan ataupun keringat.

Namun perlu dicatat bahwa perlindungan water resistant bersifat sementara. Apabila sudah terlalu sering diguyur air, maka proteksi akan hilang. Tetapi tenang saja, proses ini biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Water Repellent (Menolak Air)

Water Repellent
Credit: Coating Australia

Water repellent berarti lapisan yang tidak bisa ditembus air alias bersifat hydrophobic. Air yang mengalami kontak dengan lapisan tersebut akan membentuk gumpalan seperti bola. Water repellent umumnya digunakan pada bahan tekstil, entah itu untuk casing smartphone, smartwallet, atau sepatu.


Jika gadget elektronik, semisal smartphone atau kamera yang kamu miliki tidak dirancang untuk bersentuhan dengan air, kamu bisa menyiasatinya dengan water proof case atau water proof spray.