Android Oreo
Android Oreo baru saja dirilis, kabar Android P sudah menyeruak (credit: Thermekle)

Varian sistem operasi mobile Android telah mencapai versi O atau yang dikenal secara resmi sebagai Android Oreo. Walaupun banyak menawarkan pembaharuan dan fitur menarik, sayangnya karena masih beberapa bulan dirilis, belum banyak perangkat yang bisa menggunakan sistem operasi ini. Sejauh ini baru tersedia untuk smartphone flagship baik secara bawaan maupun melalui upgrade.

Pada ajang Google I/O 2018 bulan Januari kemarin, perusahaan pemilik Android tersebut sempat memberikan sinyal terkait nama sistem operasi selanjutnya. Google diketahui secara sengaja memilih nama makanan penutup manis sebagai versi Android yang dirilis secara abjad, kecuali Android Alpha dan Android Beta di awal-awal peluncuran.

Android P memang masih sangat jauh dengan tanggal perilisan. Tetapi Google tampaknya sudah memilih nama yang tepat. Dalam situs Google I/O 2018 muncul permainan puzzle ringan yang jika disusun akan membentuk gambar kue bernama pineapple upside-down cake.

Android P
Apakah Google berniat memakai nama Android Pineapple Upside-Down Cake?

Sayangnya puzzle tersebut hanya dimunculkan selama beberapa saat selagi ajang itu berlangsung. Beruntungnya screenshot dari puzzle berhasil ditangkap dan dengan mudah tersebar.

Android Pineapple Upside-Down Cake mungkin terdengar sebagai nama yang panjang dan kurang efektif jika disebut. Sebelumnya Android Ice Cream Sandwich memegang rekor sebagai yang paling panjang. Kemudian Google secara konsisten memilih nama yang sederhana dan ringkas.

Meski Google tengah menyiapkan Android P, tetapi OS terbarunya yakni Android Oreo masih jauh dari kata ramai pengguna. Menurut situs Android Developer, sistem operasi yang menggunakan nama produk makanan itu hanya mencapai penetrasi 0,7 persen. Sedangkan yang tertinggi dipegang oleh Marshmallow dengan 28,6 persen.

Nama ini tentunya hanya prakiraan sementara. Google kerap melakukan survey kepada konsumen untuk memilih penamaan yang tepat. Bisa saja Android P menggunakan istilah pancake yang selama ini dijagokan.

Google mengatakan akan memboyong Android P sebagai bagian dari update tahun ini. Terkait fitur dan kemampuan unggulannya, kita akan lihat pada beberapa waktu mendatang.

Lantas apakah kamu setuju Google menggunakan nama Android Pineapple Upside-Down Cake?