Android P
Android P usung nama kacang-kacangan?

Tantangan untuk meningkatkan kemampuan Android selalu dihadapi Google selaku developer dari sistem operasi mobile tersebut. Setiap tahun pihaknya merilis varian baru dari Android yang diurut sesuai abjad. Menariknya, Google memilih nama makanan penutup beraroma manis yang telah dilakukan sejak Android Cupcake hingga yang teranyar Android Oreo.

Android selanjutnya sudah bisa ditebak, dipastikan menggunakan awalan “P” sebagai namanya. Sejatinya ada cukup banyak pilihan seperti Android Pancake, Android Pie, atau Android Pineapple Cake yang sempat jadi ‘kode’ di ajang Google I/O tahun lalu.

Namun, trend menggunakan nama dessert tampaknya akan berakhir sesegera mungkin, seiring peluncuran Android P yang seharusnya dilakukan bulan depan. Sebuah blog asal Polandia secara tidak sengaja menemukan petunjuk soal nama Android P yang ternyata tidak merujuk pada nama hidangan penutup.

Android Pistachio
Sedang diperbaiki, nama ‘Android Pistachio’ muncul di layar

Ponsel Huawei yang tengah diperbaiki akibat masalah update menampilkan Android Pistachio sebagai versi selanjutnya dari Android. Nama Pistachio sendiri bukanlah hidangan penutup yang rasanya manis, melainkan kacang-kacangan yang sering dijadikan snack.

Kecuali jika Google menjadikannya “Android Pistachio Ice Cream”, hal itu tetap mempertahankan tradisi dessert yang telah berlangsung bertahun-tahun.

Namun, Pistachio sendiri cenderung digunakan secara internal oleh Google dengan maksud untuk menyembunyikan identitas asli Android P. Dengan begitu, masih ada harapan bahwa Google menyiapkan nama lain yang lebih menarik seperti Android Pancake yang cukup sering disuarakan.