Permintaan energi yang terus meningkat terus menerus membuat lembaga yang berkaitan harus mengatur strategi demi memenuhi kebutuhan listrik setiap tahunnya. Sebuah startup yang berbasis di Idaho menciptakan teknologi panel surya yang dipasang di jalanan.

Proyek Solar Roadways menginginkan pemasangan modul panel surya di salah satu jalan di negara bagian Missouri (AS), tepatnya di Route 66.
Untuk mewujudkan proyek besar ini, tim menggalang kerjasama dengan Missouri’s Department of Transportation dan mereka mendapat suntikan dana dalam mengembangkan prototipenya.
Saat ini Solar Roadways menerima hibah $100.000 dari Federal Highway Administration  dan $750.000 dari US Department of Transportation. Di sisi lain, penggalangan dana di Indiegogo telah mencapai $2,2 juta.
Perlu kamu ketahui, implementasi Solar Roadways di jalanan bukan tanpa alasan. Selain area yang strategis untuk menyerap sinar matahari, sistem pada panel sendiri punya keuntungan teknis.

 

Amerika Akan Bangun Panel Surya di Jalanan
Tiap modul punya lampu LED untuk menjadi marka jalan

 

Amerika Akan Bangun Panel Surya di Jalanan
Marka jalan ini pun bisa diubah sesuai kebutuhan

 

Komponen listrik panel surya berada di bagian dalam, sedangkan permukaannya adalah kaca yang kuat. Dengan demikian ia memungkinkan untuk menyalurkan cahaya dari lampu LED.
Menariknya, karena berbasis cahaya maka ia akan terlihat cukup jelas jika lampu penerangan jalan tidak maksimal. Meski begitu, lampu LED ini juga bisa aktif di siang hari.

 

Amerika Akan Bangun Panel Surya di Jalanan
Mampu menghantarkan panas untuk membersihkan salju dari jalanan

 

Salah satu masalah yang muncul di negara-negara beriklim dingin adalah ketika salju turun dan menutupi seluruh jalan.
Biasanya butuh kendaraan khusus untuk melakukan pembersihan sebelum jalan bisa dilewati oleh umum. Tetapi Solar Roadways punya mekanisme pemanas yang cukup untuk membuat salju mencair.

 

Sela-sela di setiap modul panel memberikan ruang untuk air menyerap masuk ke dalam tanah. Ini juga membantu ketika hujan turun. Berbeda dengan aspal biasa yang tidak menyerap air dengan mudah.

 

Amerika Akan Bangun Panel Surya di Jalanan
Julie dan Scott Brusaw, pasangan pendiri Solar Roadways
Untuk percobaan pada Route 66, energi listrik yang dihasilkan alam dipakai untuk Route 66 Welcome Center di Conway.
Proyek jangka pendek akan dilakukan tahun ini, Solar Roadways akan diaplikasikan pada lahan parkir, jalur sepeda, trotoar, dan sebagainya. Sedangkan dalam jangka panjang mereka ingin menerapkannya di jalan raya untuk memberikan energi listrik yang bersih.
Solar Roadways sendiri diklaim akan mengurangi efek rumah kaca hingga 75%. Sementara itu proses perbaikan jalan hanya perlu mengganti modul panel yang rusak saja, sehingga lebih cepat.

 

Sumber: Indiegogo, The Next Web