Sepeda Listrik Swytch
Add-on sepeda listrik tawarkan perjalanan lebih jauh tanpa lelah

Sepeda listrik? Tampaknya produk ini kurang populer di Indonesia. Perspektif sebagian besar masyarakat menganggap bahwa sepeda perlu dikayuh untuk melaju. Apalagi jika jaraknya cukup jauh maka lebih banyak keringat yang terkuras. Namun anggapan tersebut sebetulnya tidak bisa dikatakan relevan lagi.

Beberapa tahun terakhir mulai marak add-on yang mengubah sepeda biasa menjadi sepeda listrik hanya dengan mengganti roda depan, misalnya produk UrbanX dan GeoOrbital. Persaing baru bernama Swytch muncul dengan konsep yang cukup menarik.

Sepeda Listrik Swytch
Hampir semua jenis sepeda bisa menggunakan aplikasi ini

Swytch memisahkan komponen motor listrik, baterai, sensor, dan handlebar. Sistem ini dapat dipasangkan pada berbagai jenis sepeda. Proses instalasi diklaim hanya memakan waktu sekitar 10 menit. Satu-satunya bagian paling mencolok pada sepeda adalah Power Pack, sebuah tas berisi baterai, kontroler, dan lampu.

Power Pack tidak harus selalu dipasang pada sepeda. Apabila kamu sedang tidak menginginkannya, kamu bisa melepasnya dan sepeda kembali ke mode tradisional. Sedangkan komponen lainnya boleh dibiarkan terpasang sebab tidak memberikan efek apapun tanpa kehadiran Power Pack.

Pengembang Swytch mengatakan baterainya dapat mengakomodasi assist hingga 80 kilometer. Level kekuatan motor listrik dapat dikontrol melalui handlebar. Kecepatan maksimal dibatasi 32 km/jam sesuai regulasi yang berlaku. Sementara itu pengisian baterai berlangsung selama 3 hingga 4 jam.

Sepeda Listrik Swytch
Power Pack, komponen utama pada Swytch

Seluruh sistem Swytch memiliki bobot 4 kilogram dan tentu saja Power Pack ambil bagian paling besar. Angka tersebut terbilang cukup ringan jika dibandingkan produk serupa yang rata-rata seberat 8 kilogram. Di sisi lain kamu bakal lebih mudah berganti mode dari elektrik ke tradisional lebih instan.

Saat ini Swytch versi early bird di Indiegogo ditawar seharga $350 atau Rp 4,7 juta. Jika sesuai manufaktur berjalan sesuai rencana, produk akan dikirimkan kepada para pemesan April 2018 mendatang.

Berikut video Swytch: