Jalan Panel Surya

Hiraukan sejenak atap panel surya, Perancis baru saja membuka jalan panel surya pertama di dunia yang berlokasi di Tourouvre-au-Perche di Normandy Perancis.

Jalanan sepanjang satu kilometer tersebut dilapisi panel surya yang memungkinkan penyerapan energi di siang hari. Kemudian energi listrik yang telah terkumpul akan dipakai untuk menerangi jalan.

Bukan panel surya biasa, panel tersebut dibuat dari bahan khusus sehingga dapat menahan beban kendaraan berat sekalipun.

Jalan Panel Surya
Ségolène Royal bersama awak media berjalan di atas panel surya

Ségolène Royal selaku Menteri Ekologi Perancis berharap nantinya panel surya dapat terpasang sepanjang 1000 kilometer di jalan tol negaranya.

Total ada 2.7 kilometer persegi panel yang terinstal. Untuk memenuhi area tersebut pemerintah mengeluarkan dana hingga $5.2 juta atau setara Rp 70 miliar.

Jalan Panel Surya
Konsep yang sangat menarik namun perlu dana besar

Tentu bukan angka yang dianggap main-main. Biaya investasinya cukup mahal, namun apabila sebagian besar jalan telah tercover panel surya, lebih banyak biaya energi yang dapat dihemat.

Sebelum Wattway, sudah ada proyek serupa seperti Solar Roadways. Hanya saja apa yang dibuat di Perancis lebih masif dan didukung pemerintah setempat.

Berikut video eksplanasi tentang Wattway.

Sumber: Wattway via Business Insider