Purisoo

Saat merencanakan liburan bertema alam, air minum dalam jumlah besar sudah pasti menjadi daftar yang harus terpenuhi. Sayangnya, hal ini berarti mengorbankan bagasi mobil pada saat berangkat. Solusinya adalah dengan membawa penjernih air sehingga air dari sungai atau air hujan bisa langsung diminum.

Sebuah produk bernama Purisoo menggabungkan botol minum dengan fungsi penjernih air dalam paket yang sama. Konsep ini terdengar mirip dengan sedotan LifeStraw, namun Purisoo disertai wadah air untuk dibawa kemana saja.

Botol ini juga memiliki pompa penyedot, jadi saat kamu menemui sumber air, kamu bisa langsung mengambilnya ke dalam botol dan saat itu juga air dijernihkan menggunakan filter di dalam botol.

Menurut pihak perancang Purisoo, filter botol mampu dipakai sebanyak 1.000 liter atau 2.000 kali botol dalam kondisi penuh. Setelah itu filter harus diganti dengan yang baru. Namun angka tersebut sangatlah besar apabila kamu hanya sekedar menggunakannya saat berkemah atau liburan.

Purisoo Water Bottle
Purisoo juga dapat berguna saat sedang terjadi kelangkaan air bersih

Bobot botol mencapai 467 gram dengan dimensi 8 x 28 cm. Botol biasa dengan ukuran tersebut jauh lebih ringan, namun perlu dicatat bahwa di dalamnya terdapat pompa dan filter yang membuatnya jadi lebih berat.

Perusahaan asal Korea Selatan yang merancang Purisoo mengatakan penjernih tidak mampu sepenuhnya menghilangkan bakteri dan kotoran, melainkan mereduksi jumlahnya seminimal mungkin sehingga layak minum.

Dengan demikian, disarankan untuk tidak mengambil air dari sumber yang teramat polutif. Air hujan atau air hulu sungai seharusnya dapat dibersihkan dengan mudah oleh Purisoo.

Saat ini Purisoo menjadi subjek penggalangan dana di Kickstarter sambil menawarkan produknya dengan harga murah, mulai dari $69 atau Rp 945 ribu. Untuk kamu yang gemar berpetualang ke alam, alat ini mungkin sangat berguna.