Geizeer
Pendingin ruangan personal yang dijamin tidak akan menjebol tagihan listrik

Memiliki AC merupakan solusi mainstream bagi penduduk yang tinggal di sekitar garis khatulistiwa, seperti di Indonesia. Sayangnya dibalik harga yang sedemikian murah, AC tercatat sebagai peralatan rumah tangga paling boros listrik. Tidak mengherankan apabila tagihan listrik melonjak drastis pada bulan pertama pemakaian.

Tetapi apabila kamu hanya ingin sekedar mendinginkan ruangan pribadi saja, perangkat bernama Geizeer bisa jadi solusi tepat. Dengan bentuk kubus 14x14x13 cm, Geizeer menawarkan fitur pendingin ruangan dengan memanfaatkan gel beku.

Geizeer
Hawa dingin dari gel beku dihembuskan oleh kipas 12V

Prinsip kerja Geizeer mirip dengan air cooler, namun dimensinya yang lebih kecil membuatnya dapat dengan mudah dipindah. Gel yang sudah didinginkan di dalam freezer kulkas diletakan di dasar kotak. Pada sisi penutup terdapat kipas kecil yang  berperan menghembuskan hawa dingin ke sekitar perangkat.

Satu gel dapat mendinginkan ruangan selama 5 jam, sementara itu baterai internal dapat memutar kipas selama 7 jam sebelum akhirnya harus diisi kembali melalui port MicroUSB. Tidak ada tombol on/off pada Greezer, ketika kamu menggabungkan sisi dasar dengan penutup maka kipas akan menyala secara otomatis.

Geizeer
Mengingat keterbatasannya, Geizeer hanya mampu mendinginkan udara dalam lingkup kecil

Hembusan angin dapat menyebar 360 derajat dalam jarak hingga 1.2 meter. Pendingin dapat menurunkan suhu sekitar 3 derajat pada ruangan seluas 12 meter persegi. Tetapi tentu saja alat ini lebih direkomendasikan diletakkan di titik dimana kamu dominan berada.

Berapa biaya yang diperlukan untuk mengoperasionalkan Geizeer? Developer mengklaim 24 jam penggunaan hanya memakan biaya kurang dari 1 sen atau sekitar 100 Rupiah. Biaya tersebut dimaksudkan sebagai pengisian daya listrik.

Disamping hemat daya, Geizeer juga tidak menyebabkan udara menjadi kering seperti yang terjadi pada AC. Produk hasil crowdfunding ini telah resmi dipasarkan dengan harga Rp 2 juta. Berminat memboyong salah satunya?