Dota 2 Dendi vs OpenAI
AI dengan mudahnya kalahkan gamer Dota 2, Dendi

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence/AI merupakan sistem kompleks komputer yang dirancang untuk memanipulasi pekerjaan tertentu. Saat ini AI banyak diaplikasikan pada mobil self-driving, robot, asisten digital, bahkan kamera.

Namun AI sendiri bisa diaplikasikan jauh lebih luas dari itu. Tokoh besar seperti Elon Musk menunjukkan rasa khawatirnya jika suatu saat AI dapat mengambil alih pekerjaan manusia jika tidak dibatasi. Berikut 5 hal yang mungkin tidak kamu sadari sudah bisa dilakukan oleh kecerdasan buatan.

Menulis sajak indah

Sajak - 5 Pekerjaan yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Dilakukan oleh Kecerdasan Buatan

Sajak yang indah biasa dihasilkan oleh pujangga ternama. situs Bot or Not menyediakan banyak sajak, baik yang dibuat manusia maupun komputer. Menurut pengembang, situs tersebut terinspirasi dari Uji Turing untuk membedakan perilaku manusia dengan mesin. Kamu bisa mengunjungi situsnya dan menebak mana sajak yang dibuat pujangga asli atau yang dibuat oleh AI.

Menciptakan musik

Composing Music - 5 Pekerjaan yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Dilakukan oleh Kecerdasan Buatan

Tim dari Cambridge University membuat AI untuk menyusun suara-suara alat musik menjadi alunan yang indah. AI tersebut ditugaskan di situs Jukedeck, kamu hanya perlu memilih genre, suasana, alat musik, dan tempo maka sistem otomatis membuat musik baru berdasarkan kriteria yang dipilih.

Hasilnya cukup menarik, kamu tidak akan menyangka bahwa musik tersebut bukan diaransemen manusia.

Membuat logo bak profesional

Logo Maker - 5 Pekerjaan yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Dilakukan oleh Kecerdasan Buatan

Setiap merek butuh logo, dan membuat logo butuh keahlian khusus di bidang pengolahan grafis atau kamu bisa memilih membayar profesional untuk membuatnya. Kabar buruk untuk desainer logo bahwa situs Logojoy menawarkan pembuatan logo gratis yang tentunya dengan AI.

Kamu hanya perlu memasukkan nama brand serta bidangnya, warna, dan gaya yang diinginkan. Kemudian AI memberikan sejumlah pilihan logo yang dirasa cocok dengan brand.

Transkrip suara di Youtube

Youtube Video - 5 Pekerjaan yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Dilakukan oleh Kecerdasan Buatan

Jika kamu pernah menonton video Youtube dengan narator berbahasa Inggris, kamu akan menemukan opsi Subtitle Otomatis pada video tersebut. Fitur tersebut bertugas mengenali suara atau kata yang diucap kemudian direpresentasikan ke dalam bentuk teks.

Tentunya Youtube tidak mengerjakan secara manual, melainkan oleh AI pengenal ucapan. Meski tidak 100% akurat tetapi sudah sangat membantu penonton penutur non-Inggris dan tuna rungu.

Mengalahkan gamer profesional

 

Danil “Dendi” Ishutin, seorang gamer Dota 2 profesional harus mengakui kekalahannya setelah melawan bot buatan OpenAI. Seusai pertandingan Dendi mengatakan bahwa lawannya terlalu kuat dan tidak memberikan celah sedikitpun. Padahal bot ini hanya melakukan latihan selama 2 minggu.

Dota 2 sendiri merupakan video game kompleks yang memerlukan intuisi dan strategi. Menurut OpenAI, bot-nya mampu mempelajari cara menyerang, bertahan, dan membuat rencana yang relevan sesuai kondisi.

Lowongan Jooble