Sebentar lagi Indonesia menyambut peluncuran satelit Nusantara Satu yang akan semakin memperkuat jaringan komunikasi di seluruh kepulauan Indonesia.

Namun peluncuran kali ini terbilang unik karena Nusantara Satu akan berbagi tempat dengan wahana pendarat milik Israel.

Berikut 5 fakta menarik peluncuran satelit Nusantara Satu yang akan dilakukan pada Februari mendatang.

#1 Perusahaan privat pertama Indonesia yang bakal punya satelit sendiri

psn vi - 5 Fakta Satelit Nusantara Satu yang akan Meluncur Bersama Satelit Israel

Pasifik Satelit Nusantara (PSN) adalah perusahaan privat yang menjadi pemegang kendali satelit Nusantara Satu (disebut juga PSN-6). Satelit tersebut dibuat oleh Space System Loral (SSL), perusahaan Amerika Serikat yang sejak lama berkontribusi dalam perancangan satelit.

Sebelumnya, Indonesia juga sudah dua kali mengirim satelit ke luar angkasa melalui perusahaan publik BRI dan Telkom. Masing-masing adalah satelit BRIsat dan Merah Putih.

#2 Menyediakan jaringan komunikasi dan internet berbasis satelit untuk Indonesia

ku band coverage uai 1032x555 - 5 Fakta Satelit Nusantara Satu yang akan Meluncur Bersama Satelit Israel

PSN secara resmi telah meluncurkan layanan internet satelit sejak beberapa tahun lalu. Dengan penambahan PSN-6 diharapkan dapat memperluas jangkauan layanan serta kecepatan jaringan internet itu sendiri.

Satelit PSN-6 dibekali dengan 38 transporder jenis C-band dan 18 transporder jenis Ku-band. Satelit juga memiliki dua unit panel surya dan sistem pendorong untuk melakukan manuver orbit.

#3 Diluncurkan menggunakan wahana Falcon 9 milik SpaceX

39745614053 7f1e3b0d14 z - 5 Fakta Satelit Nusantara Satu yang akan Meluncur Bersama Satelit Israel

Indonesia kembali mengandalkan roket Falcon 9 milik SpaceX yang terkenal berkat sistem reusable-nya. Dengan demikian biaya peluncuran dapat ditekan secara signifikan.

Falcon 9 memiliki kemampuan membawa kargo seberat 8,3 ton ke orbit geostasioner (36.000 km), tempat dimana Nusantara Satu akan beroperasi selama 15 tahun. Namun satelit ini sendiri hanya seberat 5 ton, sisa kapasitas bisa dipakai oleh pemesan lain.

#4 Nusantara Satu akan ditemani satelit Israel

20181106 spaceil lander f840 - 5 Fakta Satelit Nusantara Satu yang akan Meluncur Bersama Satelit Israel

Beresheet, itulah nama satelit milik organisasi non-profit asal Israel, SpaceIL yang akan meluncur bersama Nusantara Satu pada Februari mendatang.

Alih-alih mengorbit Bumi, Beresheet akan memisahkan diri dan langsung menuju ke Bulan dalam rangka menyelesaikan kompetisi Google Lunar XPrize, meski ajang tersebut sudah dihentikan sejak 2018 akibat dari banyaknya kandidat yang tidak mampu (secara finansial) mendarat di Bulan.

Wahana pendarat seberat 585 kg ini turut membawa sejumlah instrumen saintifik seperti magnetometer dan retroreflektor milik NASA dalam rangka penelitian.

Penumpang lainnya adalah satelit kecil milik pemerintah Amerika Serikat yang tidak disebutkan namanya.

#5 Jika sukses, Israel akan jadi negara ke-4 yang daratkan wahana di Bulan

spaceil landerceremony - 5 Fakta Satelit Nusantara Satu yang akan Meluncur Bersama Satelit Israel

Hingga saat ini baru ada tiga negara yang pernah mengirim wahananya ke Bulan, antara lain Amerika Serikat, Russia (Uni Soviet) dan China. Israel akan menjadi negara ke-4 yang mendaratkan wahananya di Bulan apabila misi kali ini berhasil.

SpaceIL tetap tidak akan menerima ganjaran hadiah dari Lunar XPrize sebab sponsor event tersebut, yakni Google telah mengundurkan diri. Akan tetapi pendaratan tetap akan dilakukan mengingat pentingnya misi ini dalam dunia penelitian.