Intel Shooting Star Drone

Dalam rangka penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, pemerintah sudah memulai kemeriahannya dengan mengadakan acara bertajuk Countdown Asian Games 2018 yang akan berlangsung hari ini 18 Agustus di halaman Monumen Nasional, Jakarta.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) selaku salah satu penyelenggara memastikan kehadiran 300 unit drone Intel “Shooting Star” yang berkolaborasi membentuk formasi cantik di langit Monas. Pertunjukkan ini merupakan yang pertama kali di Indonesia dan kedua di dunia.

Kepala Bekraf, Triawan Munaf menyebut atraksi yang dilakukan oleh 300 drone Intel itu akan menjadi penampilan yang luar biasa karena baru dua kali diselenggarakan di dunia. Sebelumnya Intel sempat membuat rekor dengan menerbangkan 500 drone pada November 2016 lalu.

Intel Shooting Star Drone
Gerakan drone sudah diatur sedemikian rupa agar tidak bertabrakan satu sama lain

Menurut Triawan pihaknya sudah meminta Intel melepas 500 unit namun tidak disanggupi. “Kita sebenarnya minta 500 tapi mereka enggak sanggup. Ya sudah, 300. Jadi 300 itu bikin konfigurasi.” tuturnya. Ia menambahkan formasi yang dibentuk akan bermacam-macam dan akan menjadi tontonan yang menarik.

Acara Countdown Asian Games 2018 nantinya juga akan diisi berbagai macam festival seperti festival musik, festival film, festival seni, industri kreatif, hingga festival kuliner.