MRO
Ilustrasi wahana InSight yang akan didaratkan ke Mars (credit: NASA JPL)

Wahana InSight yang akan mendarat di Mars pada November 2018 membawa kargo yang tidak biasa. Wahana tanpa awak tersebut memiliki penumpang sebuah chip berisi 2,4 juta nama penduduk Bumi yang sudah mendaftarkan dirinya ke NASA.

Sebelumnya pendaftaran sudah dibuka pada September 2015 dengan durasi 22 hari. Lebih dari 800 ribu nama diterima dan akan ditulis pada sebuah pelat silikon. Namun jangan berharap ukurannya besar sehingga mudah dibaca. Luas permukaan pelat hanya 0,8 cm persegi.

Untuk menulis nama-nama tersebut, NASA menggunakan sinar elektron dengan ketebalan 1/1000 rambut manusia. Sementara 1,6 juta nama yang didaftarkan tahun ini namanya disimpan pada sebuah chip.

Boarding Passes Mars
Anak-anak di sekolah Indiana, AS menerima “boarding passes” Mars

Uniknya, pendaftar menerima kartu sebagai bukti partisipan dalam misi pendaratan wahana InSight di Mars. Sebagian kartu berbentuk fisik alias dikirim langsung, dan sebagian lagi berbentuk digital yang dapat diunduh.

Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport (InSight) dibekali sejumlah instrumen untuk meneliti aktivitas geologi di Planet Merah. Tidak seperti Curiosity yang memiliki roda, InSight bersifat stasioner alias hanya beraktivitas di tempat ia mendarat.

Rencananya InSight akan meluncur pada Maret 2018 dan akan tiba di Mars pada November.