Beranda Boat Kapal Hydrofoil Elektrik Akhirnya Resmi Meluncur

Kapal Hydrofoil Elektrik Akhirnya Resmi Meluncur

Quadrodoil, Hydrofoil

Kapal hydrofoil sejatinya bukan penemuan baru. Sudah sejak era Perang Dunia II sistem ini telah dipakai. Namun sebagai produk teknologi tentu saja hydrofoil mengalami perkembangan.

Sejak mengumumkan kapal hydrofoil bertenaga listrik dua tahun lalu, perusahaan yang bermarkas di Slovenia, Quadrofoil akhirnya resmi memasarkan Quadrofoil Q2.

Quadrodoil, Hydrofoil
Empat buah kaki penyangga memastikan badan kapal tidak bersentuhan dengan permukaan air

Terdapat empat kaki berbahan aluminium alloy yang ringan, kuat, dan tahan karat. Bentuknya didesain supaya dapat menembus air dalam kecepatan tinggi.

Dibanding prototipe pertamanya, Q2 tampil dengan lebih banyak improvisasi. Contohnya sejumlah lekukan pada badan luar, membuatnya tampak futuristik.

Quadrofoil terinspirasi dari desain speedboat, jet tempur, hingga mobil balap supaya armada kapal tersebut dapat stabil di atas air sembari melaju kencang.

Quadrodoil, Hydrofoil
Dalam kondisi diam bagian kaki akan dibenamkan ke dalam air

Kapal berpenumpang dua ini dapat mencapai kecepatan 40 kilometer per jam. Dalam kondisi baterai penuh sanggup menempuh jarak 80 kilometer. Sementara itu proses pengisian daya hanya 3-4 jam saja.

Kendali Q2 diklaim cukup mudah, dilengkapi kemudi seperti mobil serta panel layar sentuh yang bisa dilihat jelas walaupun terinterupsi cahaya matahari.

Biaya satu unit Qudarofoil Q2 terbilang cukup bersahabat yakni sekitar $21.000 atau Rp 273 juta, tentu kamu tidak akan mendapatkan teknologi serupa pada speedboat standar.

Berikut video bagaimana Quadrofoil Q2 beraksi di atas air:

Sumber: Quadrofoil