Gemini Wind Farm

Belanda baru saja meresmikan Gemini Wind Farm yang merupakan pembangkit listrik tenaga angin yang berada sejauh 85 kilometer di lepas pantai Groningen yang mana sangat tidak mungkin untuk melihatnya dari daratan.

Gemini memiliki 150 turbin angin dengan tiga bilah yang masing-masing dapat mensuplai daya sebesar 4 MW. Jika ditotal seluruhnya mencapai kapasitas 600 MW. Pembangkit listrik ini akan menyediakan listrik 2.6 TWh setiap tahunnya.

Pemerintah Belanda menggandeng Siemens untuk mengadakan proyek ini. Dibangun pada 2015 dan akan mulai beroperasi pada Mei tahun ini. Pemilihan lokasi tidak hanya jauh dari perumahan penduduk, namun juga kekuatan angin yang terhitung cukup besar yakni rata-rata 36 kilometer per jam.

Gemini Wind Farm
150 turbin angin tersebar dalam area seluas 68 kilometer persegi

Energi listrik yang dihasilkan Gemini disalurkan melalui pipa sepanjang 110 kilometer ke pusat fasilitas di Eemshaven. Diperkirakan 1.5 juta warga Belanda bisa menikmati listrik ramah lingkungan ini. Di samping itu juga mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 1.3 juta ton per tahun.

Matthias Haag selaku CEO dari Gemini mengatakan proyek ini sangat berguna untuk keberlangsungan energi terbarukan di negeri kincir angin tersebut. Kini Gemini menjadi turbin angin lepas pantai kedua terbesar di Eropa setelah London Array di Inggris.

Video singkat pembangunan Gemini: