Cat Drone

Drone tidak lagi sekedar alat eksklusif bagi fotografer dan videografer. Kemampuannya yang meningkat berkat perkembangan teknologi membuka aplikasi baru bagi benda terbang tanpa awak ini.

Kamu agaknya sudah familiar dengan beberapa nama brand drone seperti DJI, Yuneec, Parrot, atau Hubsan. Tetapi secara garis besar fungsinya tidak jauh dari citra udara.

Nah, tahukah kamu bahwa ada begitu banyak pengembang dari seluruh dunia yang mengembangkan drone dengan kemampuan yang unik?

Simak 10 drone terunik di dunia yang dirangkum oleh Sefsed.com.

#10 Drone bertenaga surya yang bisa terbang berjam-jam

Tim dari National University of Singapore (NUS) sedang mengerjakan drone yang bisa terbang tanpa henti selama matahari bersinar. Ya, drone yang memasuki fase prototipe ini sanggup terbang hanya dengan ditenagai oleh sinar matahari.

Panel surya ringan yang tipis selebar 4 meter menjadi andalan sumber tenaga drone tersebut. Meski demikian, drone tetap bisa menggunakan baterai biasa untuk penggunaan di malam hari atau di kala matahari sedang tertutup awan.

#9 Skydio R1, meliuk-liuk di antara pepohonan tanpa dikontrol

Apabila kamu pernah menonton adu balap antar drone, kamu pasti terkagum melihat bagaimana sang pilot dengan lincah mengontrol drone agar tidak menabrak sembari memamerkan manuver atraktif.

Namun drone bernama Skydio R1 justru tidak memerlukan pilot sama sekali. Drone yang dilengkapi 13 kamera ini sanggup membaca situasi lingkungan secara real-time dan tahu kemana harus pergi jika ada objek menghadang. Drone pun dapat mengikuti kemanapun kamu pergi tanpa dikontrol.

#8 Voliro, drone yang tidak khawatir jatuh meski terbalik

Ketika angin berhembus kencang secara tiba-tiba, pilot drone mulai khawatir akan “mainannya” yang bisa saja kehilangan arah dan jatuh membentur tanah. Tetapi hal itu tampaknya mustahil terjadi pada drone bernama Voliro.

Tim mahasiswa dari ETH Zurich yang bertanggungjawab dalam proyek ini merancang drone yang mana setiap lengannya dapat berputar 360 derajat. Hal ini membuat orientasi terbang bisa diputar kemanapun tanpa khawatir drone kehilangan arah dan terjatuh.

#7 Doyan selfie? Cobain drone imut yang bisa masuk kantong

Sekilas, drone bernama AirSelfie ini tampak seperti mainan. Ukurannya yang kecil memang disengaja supaya ia dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam saku. Dengan bobot 52 gram dan kamera HD 5 MP, AirSelfie sanggup terbang dan memotret objek lain dari ketinggian 20 meter.

Untuk kontrol, pihak pengembang menawarkan koneksi wireless baik untuk Android maupun iOS. Uniknya lagi, tersedia case khusus yang membuat drone kecil ini bisa tersemat di smartphone kamu.

#6 Intel Shooting Star, atraksi ribuan drone yang membuat malam semakin indah

Intel, sebagai perusahaan chip komputer juga berkontribusi dalam dunia penerbangan nirawak alias drone. Proyek yang mereka ciptakan bernama Intel Shooting Star, sebuah atraksi ratusan hingga ribuan drone yang menari-nari di langit malam, seperti bintang yang bergerak kesana-kemari.

Intel Shooting Star sendiri ditujukan untuk menghibur para penonton dari event-event besar, seperti konser musik, pertandingan olahraga, dan olimpiade internasional. Bahkan drone ini juga pernah tampil di Indonesia dalam acara Countdown Asian Games 2018 di Monumen Nasional, Jakarta.

#5 Drone yang tidak akan rusak walau kamu banting

Kalau tidak menabrak, pasti terjatuh. Itulah dua ketakutan terbesar para pilot drone saat sedang mengoperasikan drone. Tim dari Floreano Lab, NCCR Robotics, dan EPFL sedang mengerjakan desain drone untuk menjawab permasalahan ini.

Terinspirasi dari serangga, prototipe drone yang mereka buat memiliki kerangka yang lentur namun juga kuat di saat yang sama. Di setiap sudutnya “dirancang” agar tahan terhadap benturan keras, entah itu menabrak sesuatu atau terjatuh dari ketinggian.

Untuk fase awal, desain tersebut akan diaplikasikan pada drone latihan namun tidak menutup kemungkinan juga akan diadopsi oleh drone kelas profesional.

#4 Hover Camera, bisa dilipat dan hanya sebesar buku

Untuk kamu yang mencari canggih namun juga ringkas secara bersamaan, drone bernama Hover Camera tampaknya harus masuk dalam wishlist kamu. Dikembangkan oleh startup asal Beijing, Zero Zero Robotic, drone ini disertai kamera 13 MP yang dapat menangkap foto 360 derajat.

Tim pengembang mengatakan Hover Camera memiliki kemampuan otonom yang dapat terbang mengikuti objek yang telah ditentukan. Drone ini juga telah resmi dirilis ke pasaran dengan harga sekitar $600 per unit. Berminat?

#3 Bisa menyelam di dalam air dan terbang di udara

HexH2O, drone berjenis hexacopter ini dirancang agar bisa hidup di dua alam, yakni di dalam air dan terbang di udara. Meski memiliki nama brand-nya sendiri, Hex2H2O menggunakan jeroan, alias mesin dari DJI. Maka dari itu kemampuan yang ditawarkan kurang lebih mirip dengan drone DJI lainnya.

Keunikan drone itu sendiri tentu saja terletak dari desainnya yang sangat rapat dan tahan air. Drone ini ditujukan untuk kepentingan profesional, seperti pembuatan film, inspeksi perairan, dan industri. Tak heran jika harganya mencapai Rp 86 juta per unitnya.

#2 Ehang 184, sanggup terbangkan orang

Produsen drone Ehang menciptakan versi drone yang lebih besar bernama Ehang 184 yang dirancang untuk membawa beban berat, secara spesifik — manusia. Bahkan mereka sudah beberapa kali melakukan uji coba penerbangan berawak dan terbukti berhasil.

Ehang 184 mengandalkan energi listrik dari baterai, dapat terbang hingga 25 menit dan kecepatan hingga 130 km/jam. Pihak pengembang mengatakan drone ini nantinya akan ditujukan untuk keperluan komuter. Ehang masih terus mengembangkan proyeknya supaya drone dinyatakan aman untuk digunakan secara luas.

Namun yang menjadi pertanyaan, jika drone sudah ditumpangi manusia, apakah itu tetap disebut sebagai drone?

#1 Drone yang terbuat dari tubuh hewan mati

Kreasi Bart dan Arjen yang satu ini tampaknya pantas diletakkan di posisi pertama. Bagaimana tidak, bangkai hewan-hewan mati disulap menjadi drone yang dapat dikontrol. Tubuh hewan itu diawetkan lalu dibuang isi perutnya, sementara kulit dan bulunya dijadikan tubuh drone.

Namun jangan khawatir, mereka tidak membunuh binatang, melainkan hanya mengambil binatang yang memang sudah mati. Sebagai contoh, Bart sengaja menggunakan tubuh kucing yang ia pelihara yang tewas ditabrak mobil. Ia mengatakan bahwa itulah caranya mengenang hewan peliharaannya.

Mungkin kamu juga tertarik mengikuti ide gila Bart dan Arjen?

Nah, mana saja drone yang paling unik menurut kamu?