Bugatti Chiron berhasil melakukan akselerasi dari 0-400 km/jam dalam kurun waktu setengah menit

Rekor dunia di bidang otomotif kembali dipecahkan oleh perusahaan asal Perancis, Bugatti. Setelah kesuksesan Veyron, mobil hypercar terbaru dirilis dengan mengusung nama Chiron. Dengan mesin baru, Chiron berhasil mengalahkan kecepatan yang dicapai pendahulunya.

Mobil seharga Rp 30 miliar ini sukses melakukan akselerasi dari 0-400 km/jam dalam 32,6 detik dengan jarak tempuh sekitar 2,6 kilometer. Rekor sebelumnya dipegang Veyron pada 2010 yang saat itu melaju 0-318 km/jam.

Mantan juara Formula 1, Juan Pablo Montoya dipercaya sebagai pengemudi Chiron dalam proyek ini. Sebelum mulai menjalankan mobil, ia terlebih dahulu mengaktifkan fitur Launch Control yang berfungsi memaksimalkan energi keluaran mesin. Akselerasi Chiron juga tidak menyebabkan turbo lag berkat kehadiran traction control dan komponen ESC.

Bugatti Chiron
Pablo mengaku performa Chiron sangat luar biasa

Setelah spedometer menunjukkan angka 400 km/jam, Pablo dengan segera menginjak rem sedalam-dalamnya untuk menghentikan laju Chiron. Total waktu yang dibutuhkan untuk berhenti adalah 9,3 detik dan jarak 491 meter. Dengan demikian, durasi dari 0-400-0 mencapai 42 detik.

Bugatti Chiron saat ini hanya membangun 500 unit dan 300 di antaranya sudah terjual. Lewat rekor ini Bugatti berjanji akan terus memproduksi hypercar baru dengan kemampuan luar biasa.

Berikut video pemecahan rekor 0-400-0 Bugatti Chiron: